King of Fruits - 6 Daftar Buah Durian Super Enak di Indonesia - Kabar Wisata Terhits & Terpopuler Indonesia | ObSiTraveler

Minggu, 29 Agustus 2021

King of Fruits - 6 Daftar Buah Durian Super Enak di Indonesia

Hai traveler - Buah durian adalah buah yang memiliki cita rasa yang nikmat dengan paduan rasa manis, lemak, dan pait sehingga tak heran buah ini menjadi idola bagi penikmat kuliner. Nama buah durian di ambil dari bentuk fisik buah ini yang berkulit keras dan berduri tajam sehingga orang Indonesia menyebutnya buah durian. Durian merupakan tumbuhan tropis yang tumbuh subur di kawasan Asia Tenggara terutama banyak di temui di Indonesia. Buah durian di Indonesia sendiri memiliki julukan si raja buah (King of Fruit), banyak orang yang menyukai buah ini, karena rasanya yang nikmat namun banyak juga orang yang tidak menyukai rasa maupun bau buah ini yang sangat menyengat.

Buah ini bukan merupakan buah yang dapat kita temui setiap harinya, karena buah ini merupakan buah musiman yang bisa kita temui dalam beberapa kali dalam setahun, buah ini juga akan banyak terlihat kalau sudah masuk masa panen berlimpah atau musim buah durian.

Nama Lain Buah Durian di Indonesia

Buah Durian mudah di jumpai di Indonesia, hampir setiap daerah memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing, baik dari rasa, aroma, bentuk, dan nama (sebutannya).  Duren sebutan untuk durian bagi orang Jawa, kalau di Sunda mereka biasa menyebutnya kadu, lalu orang Sumatera mengenal dengan dua sebutan ada yang menyebut durian dan ada juga menyebut duren, nah kalau di Sulawesi warga di sana menyebutnya duriang, lain lagi dengan orang Toraja yang menyebutnya duliang, kemudian ada sebutan lain lagi seperti orang Ambon mengenal durian dengan kata doriang, ada juga sebutan durian bagi warga di kepulauan Seram bagian timur yang menyebut rulen, terakhir bagi orang Batak durian di sebut Tarutung.

Kandungan Nutrisi Buah Durian

Buah durian merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dan kaya akan nutrisi. Dari Healtline, merincikan berbagai manfaat dari buah durian diantaranya kaya akan serat, vitamin B dan vitamin C. Buah durian dengan berat 234 gram mengandung berbagai nutrisi  diantaranya: kalori, karbohidrat 66 gram, lemak 13 gram, protein 4 gram, serat 9 gram, tiamin 61 persen, vitamin C 80 persen, vitamin B6 38 persen, mangan 39 persen, riboflavin 29 persen, kalium 30 persen, folat 22 persen, tembaga 25 persen, niasin 13 persen dan terakhir magnesium 18 persen.

Manfaat Buah Durian

Ternyata tidak hanya buahnya saja yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh, di Indonesia sendiri memang belum terlalu umum dalam penggunaan dan pemanfaatan dari tumbuhan durian. Dalam pengobatan tradisonal tumbuhan durian dapat di manfaatkan untuk pengobatan, bagian yang akan di pakai sebagai pengobatan seperti daun, kulit, akar, dan buahnya dapat di gunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati demam tinggi, penyakit kuning, dan kondisi kulit. Dari sisih ilmiah durian memiliki beberapa manfaat seperti: mengurangi risiko kanker, mencegah penyakit jantung, dan melawan infeksi.

Namun buah ini memiliki sedikit efek samping, karena buah ini menganduk sedikit alkohol maka akan memiliki efek seperti hal nya minuman keras. Peneliti menyebutkan kandungan senyawa sulfur pada durian bisa mencegah enzim tertentu yang memecah alkohol sehingga menyebabkan penambahan kadar alkohol dalam darah. Sehingga sangat dilarang dalam mengonsumsi durian bersamaan dengan alkohol yang dapat menyebabkan masalah yang serius bagi kesehatan kita.

Jenis Durian Paling Enak dan Paling Populer di Indonesia

Montong


Jenis Durian ini berasal dari negara Indonesia dan merupakan jenis durian dengan harga termahal yang pernah ada, durian ini dapat di tanam dan di budidayakan dengan baik di wilayah tropis dengan suhu antara 30 sampai 35 derajat celcius. Durian ini memiliki tekstur lembut dengan daging buah yang tebal berwarna kuning ke emasan, buah ini memiliki bentuk fisik yang besar dengan berat hingga 13 kilogram, ketika di makan rasanya sangat enak, legit manis dan membuat kita akan ketagihan sehingga wajar saja durian ini menjadi salah satu durian termahal.

Durian Petruk


Jenis durian ini merupakan durian lokal yang menjadi pesaing durian montong, kalau bicara soal warna, dan rasa, durian ini sama dengan durian montong. Perbedaannya hanya pada ketebalan dagingnya dimana durian petruk tidak terlalu tebal dan memiliki bentuk bulat seperti telur dan tekstur berserat dan lembut.

Durian Bawor


Bagi traveler yang sedang berada di kota Banyumas dan bertepatan pada saat musim buah durian, maka sempatkan juga untuk mencoba buah durian bawor yang merupakan jenis buah durian asli dari Banyumas. Kamu jangan terkejut bila datang ke sini dan melihat buah durian jenis bawor ini karena ukurannya yang mencapai 12 kilogram satu buahnya, durian ini memang menjadi buah super dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Durian ini kalau di perhatikan mirip dengan durian montong secara fisiknya, tetapi anda jangan terkecoh durian bawor memiliki rasa yang sedikit pait di banding durian montong, sehingga kalau mencoba keduanya akan terasa sekali perbedaannya.

Durian Bokor


Durian ini adalah salah satu durian populer yang ada di Indonesia, ciri khas dari durian ini memiliki fisik kulit dengan warna hijau ke kuningan dan berbentuk bulat. Daging buah ini memiliki warna kuning cerah dengan aroma yang sangat harum dan rasa yang manis, tekstur buahnya memiliki sedikit serat dan lembut saat di makan.

Durian Merah


Durian merah atau di kenal dengan nama lain durian abang (dalam bahasa jawa yang artinya abang sama dengan merah). Durian ini memiliki ciri khas yang unik di banding durian lainnya, daging durian ini berwarna merah sesuai namanya. Durian ini memiliki besar maksimal 2 kilogram saja, tekstur daging durian ini lembek dan lembut, sangat manis serta ukuran biji yang kecil di bandingkan durian pada umumnya.

Durian Tembaga


Durian yang paling banyak di kenal masyarakat Indonesia adalah durian tembaga, banyak yang sudah mencoba rasa durian jenis ini, bahkan durian ini sangat layak di sejajarkan dengan durian musang king yang berasal dari malaysia. Fisik dari durian ini berbentuk bulat di balut dengan duri yang tajam dan rapat. Warna daging buah durian ini berwarna kuning tembaga, berbiji kecil, rasa yang manis dan legit namun hati-hati bila kamu mencoba buah ini, karena buah ini dapat menyebabkan ketagihan dan tidak mau berhenti memakannya.

Nah itu dia sekilas tentang buah durian si raja buah dan beberapa jenis buah durian yang populer di Indonesia. Kalau di daerah kamu jenis durian apa yang top dan populer? Komen di bawah ya, see you.


Baca Juga

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments