Serba Serbi Dunia – 10 Kuliner Indonesia Mendunia - Kabar Wisata Terhits & Terpopuler Indonesia | ObSiTraveler

Rabu, 20 April 2022

Serba Serbi Dunia – 10 Kuliner Indonesia Mendunia

Hai…hai… hai… travelers, Indonesia sangat kaya akan makanan khas daerahnya, beberapa makanan unik Indonesia bahkan telah mendunia dan beberapa di antaranya telah masuk ke daftar top record dunia. Banyak wisatawan mancanegara  rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati berbagai olahan menu khas nusantara, ada lebih dari 200 nama makanan khas Indonesia yang di olah dengan berbagai campuran rempah-rempah serta memiliki cerita dan erat akan budaya nusantara. Tak jarang wisatawan yang berkujung ke suatu tempat wisata menjadikan oleh-oleh makanan khas Indonesia sebagai buah tangan bagi keluarga di rumah. Nah berikut ini daftar kuliner Indonesia yang mendunia.

1. Rendang

Rendang merupakan makanan Indonesia terenak dan menjadi bagian dari warna dunia kuliner nusantara yang begitu amat beragam. Semua orang seantero negeri ini sangat tau betul penampakan, warna dan aroma redang ini seperti apa,,, hmmm tentu sangat enak ya. Rendang merupakan olahan kuliner khas Padang yang di buat menggunakan ramuan rempah-rempah khas Padang dengan isi utamanya adalah irisan daging sapi dan di masak dengan durasi tertentu. Tak hanya terkenal di dalam negeri bahkan tak tanggung-tanggung, rendang menjadi kuliner Indonesia yang mendunia saat ini, Menteri Parekraf Sandiaga Uno melalui program Rendang Goes to Erope telah menjadikan rendang sebagai ikon kuliner nusantara yang mendunia dan telah menjadi bagian dari top record dunia.

fimela.com

2. Nasi Goreng

Makanan unik Indonesia satu ini merupakan makanan yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia, selain pembuatannya yang terbilang tidak sulit, nasi goreng juga menjadi makanan Indonesia terenak yang banyak di cintai pala kuliners. Nasi goreng sebenarnya hanya olahan nasi yang di berikan bumbu khusus lalu di goreng dengan tampilan kecoklatan. Nasi goreng merupakan kuliner sejuta ummat karena kehadirannya sering kita jumpai pada saat sarapan pagi ataupun makan malam dengan variasi sajian telur dan ayam goreng.

liputan6.com

3. Sate

Sate merupakan makanan unik Indonesia yang telah mendunia. Sate adalah kuliner olahan daging yang di potong kotak-kotak kecil lalu di tusuk dengan sebatang lidi, kemudian di sajikan dengan kuah/bumbu yang beraneka ragam sesuai asalnya. Beberapa sate memiliki perbedaan dari mulai bahan dan bumbu kuahnya seperti halnya Sate Madura, Sate Khas Jawa, Sate Padang, dan Sate Maranggi dimana kesemuanya memiliki perbedaan dalam cara mengolah, rasa dan aroma yang menjadikan sate sebagai makanan unik Indonesia.

kompas.com

4. Rawon

Ada yang sudah pernah makan rawon belom, kalau belum boleh komentar dibawah ya, kalua saya sih belom pernah sih, tapi makanan ini sangat terkenal dan mendunia loh travelers, rawon ini memiliki cita rasa yang khas dan selalu menjadi primadona bagi penikmat makanan khas jawa timur. Pemakaian kluwek menyebabkan tampilan kuliner ini terlihat hitam namun memberikan sensasi aroma dan cita rasa tiada dua, ramon mengandung isian daging sapi, telur asin dan rebusan sayuran cambah dengan tetesan sari jeruk nipisss,,, hmmm buat laper kan. Yang belom coba wajib coba dehh.

tribunnews.com

5. Gado-Gado

Kali ini ada makanan uni Indonesia yang datang dari Jakarta yang tentu sangat memberikan manfaat bagi kesehatan karena kandungan gizi yang ada di dalam oalahan kuliner ini. Kuliner ini merupakan campuran sayuran-sayuran seperti labu, kangkong, wortel, timun, irisan tempe, selada dengan saus kacang yang sangaattt gurih loch travelers, kalian pasti ketagihan kalau sudah mencobanya, variasi dari gado-gado kadang di santap dengan tambahan lontong dan kerupuk gurih.

wikipedia.org

6. Soto

Adalagi ini yang tak kala unik dan mendunia yaitu Soto, makanan unik Indonesia sejenis sup ini menjadi makanan kesukaan saya loh travelers, serba serbi soto ini membuat saya tidak bias lupa akan kelezatan makanan yang di olah dengan bahan santan dan olahan cincangan daging. Setiap daerah Soto memiliki khasnya masing-masing dan Soto adalah kuliner yang layak mendunia.

merdeka.com

7. Nasi Padang

Nah kali ini kuliner yang datangnyo dari kota Padang guys, ya siapa sih yang gak tau nasi padang makanan unik Indonesia yang mendunia. Bahkan dari salah satu sumber nasi padang sudah ada dan di jual secara luas di negara paman sam guys, untuk satu porsi nasi padang di sana di bandrol dengan harga 50ribu sampai 100ribu, hmmm…. Mehong ya, padahal di sini cumak 15ribuan aja bias tambah sambal lagi. Olahan nasik padang memang sangat unik karena khas bumbu padangnya dan kaya akan rempah-rempah sehingga nasi padang menjadi makanan yang banyak di sukai masyarakat Indonesia dan mancanegara.

food.detik.com

8. Bakso

Bakso…Bakso…., abang tukang bakso mari-mari sini, hehehe. Siapa yang ketika kecil ingat lagu ini, ya bakso ternyata merupakan makanan unik Indonesia yang juga mendunia, ya walaupun asal usulnya masih dalam perdebatan karena ada yang bilang bakso berasal dari china yang di bawa para pedagang china di masa colonial, namun bakso sangat melekat bagi lidah warga +62, hamper di setiap daerah pasti ada pedagang kuliner bakso, selain bentuknya unik bulat kenyal rasanya juga nikmat loh travelers. Kamu pasti taukan rasanya, ya wajar saja banyak yang suka dengan kuliner ini.

lipunan6.com

9. Pempek

Jіkаlаu Grаmеdѕ ѕіnggаh kе Kоtа Palembang, mаkа sudah tаk asing dengan оlеh-оlеh khаѕ Palembang уаng ѕаtu іnі. Pеmреk Palembang sudah pasti jadi pilihan utаmа untuk dinikmati kаrеnа сіtаrаѕаnуа уаng gurih dаn lеzаt. Pеmреk mеruраkаn kuliner khas Sumаtrа уаng tеrbuаt dаrі іkаn tеnggіrі, tоmаn, аtаu gabus уаng dihaluskan, dісаmрur bеrѕаmа tерung ѕаgu dаn bumbu hаluѕ. Pеmреk diuleni hіnggа kalis lalu dіrеbuѕ dаlаm air mеndіdіh. setelah іtu реmреk digoreng dаn disantap bеrѕаmа kuah сukо. Kuah cuko аdаlаh kuah yang tеrbuаt dari rеbuѕаn gulа merah dan сukа.

10. Sambal

Sambal аdаlаh mеnu wajib оrаng Indonesia dаlаm mеnуаntар kuliner apapun. Tak lеngkар rаѕаnуа jіkа mаkаn tаnра ѕаmbаl, араlаgі jika sambalnya dibuat langsung bukаn ѕаmbаl kemasan. Sаmbаl аdаlаh pelengkap nasi yang bеrbаhаn dаѕаr cabai mеrаh/hіjаu, cabai rawit, bawang mеrаh, bawang putih, gаrаm, dаn gulа уаng dіulеk hіnggа ѕеtеngаh halus. Sambal mеmіlіkі citarasa реdаѕ mеnуеgаrkаn. Terdapat bаnуаk ѕеkаlі vаrіаn ѕаmbаl di Indonesia yakni, ѕаmbаl tоmаt, ѕаmbаl bajak, sambal korek, sambal mаtаh, sambal іjо, ѕаmbаl tеrаѕі, ѕаmbаl tеrі, ѕаmbаl реtе, ѕаmbаl mаnggа, dll.


Nah itu tadi ya 10 daftar makanan unik Indonesia yang mendunia, dan menjadi serba serbi dunia kuliner, diperbincangkan banyak orang dan di cintai jutaan ummat, kamu suka yang mana komen di bawah ya!

Baca Juga

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments