Pulau Pandang Pulau Indah Ibarat Bali-nya Kabupaten Batubara - Kabar Wisata Terhits & Terpopuler Indonesia | ObSiTraveler

Selasa, 24 Agustus 2021

Pulau Pandang Pulau Indah Ibarat Bali-nya Kabupaten Batubara

Kabupaten Batubara merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara bagian pesisir utara memberikan kelebihan sendiri atas geografis wilayahnya yang berdekatan dengan pantai dan laut. Sehingga tak heran sangat banyak destinasi pantai dan laut yang ada di Kabupaten Batubara. Pulau Pandang merupakan destinasi wisata yang ada di daerah Kabupaten Batubara, tepatnya masuk kedalam wilayah administratif Kecamatan Tanjung Tiram, lokasi pulau ini berada di laut lepas selat malaka dengan titik kordinat 03° 25' 14" LU dan 99° 445' 28" BT. 

Pulau Pandang adalah pulau tidak berpenghuni, tapi kamu jangan takut kalau kesini bakal sendirian, pulau ini memang tidak berpenghuni namun pulau ini di jaga dan di kelolah oleh pemerintah setempat agar di fungsikan sebagai tempat wisata. Untuk pergi kesana anda membutuhkan transportasi laut menggunakan kapal tongkang yang tersedia di dermaga Tanjung Tiram, untuk menyewa satu kapal kamu harus mengeluarkan dana sekitar 6jta atau lebih tergantung lobi ataupun kenalan, kalau kamu punya kenalan atau temen deket mungkin bisa lebih murah lagi, jadi kalau kamu mau pergi ke sini kamu jangan sendirian tapi ajak teman, saudara, dan kerabat agar biaya perjalanan bisa patungan.

Waktu yang dibutuhkan menuju lokasi Pulau Pandang

Lama perjalanan menuju Pulau Pandang melalui dermaga Tanjung Tiram membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan laut, kerasa banget gak tuh terombang ambing di lautan, kalau gak biasa perjalanan laut atau kamu pemabuk siapin deh bekal obat-obatan ataupun perlengkapan yang cukup ya. Selama perjalanan di laut kamu bisa menemui ikan lumba-lumba, ubur-ubur dan hewan laut lainnya jika beruntung. kalau pergi ke sini sempatkan singgah ke kapal-kapal penangkap ikan untuk membeli ikan tangkapan mereka yang tentunya masih segar buat di olah menjadi ikan bakar, jadi kamu bisa ngerasakan seumur hidupmu ikan bakar segar asli no KW baru tangkap dari laut, enakkan. Suasana selama perjalan ini akan terasa membosankan bagi kamu yang pemabuk, tapi kalau kamu yang suka bertualang kamu pasti menikmati keindahan alam dan perjalanan ini menuju Pulau Pandang.

Menikmati Keindahan Laut Biru Pulau Pandang

Sesampainya di lokasi kamu akan di sapa oleh laut yang sangat biru dan menerawang kedasar laut, saya sendiri tidak bisa melupakan kenangan perjalana ini yang sangat mengesankan, ya walupun saya sangat bosan akan perjalanan lautnya. Pulau ini tidak terlalu luas ya kira-kira 7 kali lapangan sepak bola kali ya, jadi kamu bisa lihat dari ujung ke ujung pemandangan pulau ini.

Menara Suar Cara Epik Nikmati Pemandangan Pulau Pandang

Kalau kamu kesini sempat juga kamu pergi naik ke menara suar, kamu bisa naik dan menikmati sejauh mata memandang memutarkan kepalamu melihat sekililing Pulau Pandang dari ketinggian, dan kamu akan merasakan keindahan alam laut, tumbuhan dan pantulan cahaya dari laut biru yang ada disana.

Penggila Mancing Senyum Bahagia Disini

Para Mancing mania jangan lupa bawak pancing kamu, disini kamu bisa mancing dan dapatkan ikan yang berbeda, kalau biasa kamu mancingnya di kali dan sungai kali ini kamu mancing di laut, bisa-bisa kamu dapat ikan hiu... hehehehe. Ya jadi di sini kamu bisa mancing sepuasnya tidak ada yang melarang, selagi kamu bukan mancing kerusuhan ya. Cari tempat yang asyik untuk mancing di terumbu karang yang terlihat dari permukaan laut, asyik banget la pokoknya.

Snorkling dan Berenang di Sekitar Pulau Pandang

Pada saat penulis kemari pada tahun 2013 memang masih minim fasilitas, sebab kondisinya sedang proses pembangunan, namun sekarang sudah banyak kemajuan. Ya jadi mungkin saat ini fasilitas snorkling dan berenang menikmati alam bawah laut sudah tersedia, karena menurut penulis keindahan bawah laut pulau ini sangatlah indah, kamu patut coba dan nikmati sebelum pulang.

Fasilitas di Pulau Pandang

Sebenarnya kalau bicara ke indahan pulau ini gak ada abisnya, sangat banyak sudut yang bisa kita nikmati hasil mahakarya ciptaan tuhan ini, tapi kalau kamu kesini kamu gak perlu takut tidak ada fasilitas sama sekali, sebab di pulau ini fasilitas sudah sangat lengkap, mulai dari penginapan, mesh, warung retail, fasilitas balon untuk renang dan fasilitas untuk bersantai di pinggir pantai. Ingat ya kemanapun kamu pergi tetap jaga kondisi alamnya agar tetap lestari, jangan tinggalkan sampah di lokasi, dan jangan rusak flora dan faunanya.

Untuk kamu, gimana menarik kan?. Tinggalkan komentarmu di bawah ini ya, see you.


Baca Juga

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments